Minggu, 29 Mei 2016

Pengembangan Kuisioner BK Belajar

PENGEMBANGAN KUESIONER BIMBINGAN DAN KONSELING BELAJAR
Menurut Suharsimi Arikunto (2006:135) ada empat langkah dalam penyusunan instrumen penelitian, diantarannya
1.       Mengidentifikasikan Variabel yang Diteliti
Motivasi belajar salah satu cara agar siswa kelas IX yang akan menghadapi UNBK terdorong semangatnya untuk lebih giat belajar.
2.       Mencari Indikator atau Sub Variable
Indikator dari motivasi belajar adalah:
a.     Merasa tertarik untuk belajar
b.    Merasa senang belajar
c.     Berani mengambil  resiko
3.       Menderetkan Deskriptor dari Setiap Indikator
a.       Minat Belajar di Kelas
1)   Membuat pilihan aktivitas
a)   Semangat saat belajar
b)   Malas saat belajar
c)   Lebih memilih bermain handphone
d)   Merasa kantuk
2)   Merasa tertarik untuk Belajar
a)   Terdorong untuk belajar dengan giat
b)   Tertantang untuk belajar bab selanjutnya
3)   Berkeinginan Keras untuk Belajar
4)   Berani Mengambil Resiko
a)      Resiko untuk sukses
b)     Resiko untuk gagal
4.       Merumuskan setiap deskriptor menjadi butir-butir instrument. Sebelum menuliskan butir-butir pernyataan angket minat studi lanjut, maka terlebih dahulu membuat kisi–kisi angket tersebut. Adapun kisi-kisi angket adalah sebagai berikut:
a.       Membuat kisi – kisi instrumen


Tabel Kisi-Kisi Instrumen
Motivasi Belajar untuk Siswa Kelas IX SMPN 8 Yogyakarta
Variabeel
Indikator
Deskriptor
Jumlah
No Item
F
UF
Motivasi Belajar
Merasa tertarik untuk belajar
a.     Terdorong untuk belajar saat di kelas
b.    Tertarik dengan mata pelajaran tertentu
c.     Rajin mencari informasi tentang pelajaran tertentu



Merasa senang belajar
a.      Perasaan yang timbul setelah memperhatikan guru
b.     Perasaan yang timbul saat kantuk di kelas



Berani mengambil  resiko
a.     Resiko untuk sukses
b.    Resiko untuk gagal



Jumlah





PETUNJUK MENGERJAKAN 
Bacalah setiap pernyataan di bawah ini dengan seksama. Setiap pernyataan dilengkapi dengan empat pilihan jawaban: Sangat Sesuai (SS), Sesuai (S), Tidak Sesuai (TS), dan Sangat Tidak Sesuai (STS). 
SS        : berarti pernyataan sangat sesuai dengan keadaan anda 
S           : berarti pernyataan sesuai dengan keadaan anda
TS        : berarti pernyataan tidak sesuai dengan keadaan anda 
STS     : berarti pernyataan sangat tidak sesuai dengan keadaan anda 
Berilah tanda cek (√) pada kolom sebelah kanan pernyataan yang sesuai dengan keadaan pada diri anda. 
Contoh:
NO
Pernyataan
SS
S
TS
STS
1.
Saya merasa lelah saat pelajaran berlangsung




Bila hal tersebut sangat sesuai dengan diri anda, maka berilah tanda cek (√) pada kolom SS seperti contoh di atas.

NO
Pernyataan
SS
S
TS
STS
1.
Saya rajin ke sekolah terutama mata pelajaran yang saya sukai.




2.
Saya ragu dengan kemampuan yang saya miliki dalam memahami penjelasan guru




3.
Saya senang mencari informasi yang berhubungan dengan pelajaran, karena bisa memperkaya ilmu kita.




4.
Saya merasa tidak mampu menyelesaikan setiap tugas mata pelajaran yang diberikan




5.
Saya suka mengunjungi perpustakaan sekolah untuk membaca buku pelajaran.




6.
Saya kurang memperhatikan pelajaran yang saya tidak senangi




7.
Saya hadir tepat waktu ketika belajar pada mata pelajaran yang saya anggap gampang.




8.
Saya malas bertanya kepada guru kalau ada pelajaran yang tidak saya mengerti.




9.
Bila menghadapi kesulitan dalam mempelajari mata pelajaran, saya berusaha menemukan alternatif pemecahannya.




10.
Saya lebih suka pergi ke kantin sekolah dibanding pergi ke perpustakaan


























Tidak ada komentar:

Posting Komentar