PENGEMBANGAN
KUESIONER BIMBINGAN DAN KONSELING BELAJAR
Menurut
Suharsimi Arikunto (2006:135) ada empat langkah
dalam penyusunan instrumen penelitian,
diantarannya:
1.
Mengidentifikasikan Variabel yang Diteliti
Motivasi belajar salah satu cara agar siswa kelas IX yang
akan menghadapi UNBK terdorong semangatnya untuk lebih giat belajar.
2.
Mencari Indikator
atau Sub Variable
Indikator
dari motivasi belajar adalah:
a. Merasa tertarik untuk belajar
b. Merasa senang belajar
c. Berani mengambil
resiko
3.
Menderetkan Deskriptor
dari Setiap Indikator
a. Minat Belajar di Kelas
1) Membuat
pilihan aktivitas
a) Semangat saat belajar
b) Malas saat belajar
c) Lebih memilih bermain handphone
d) Merasa kantuk
2) Merasa
tertarik untuk Belajar
a) Terdorong
untuk belajar dengan giat
b) Tertantang
untuk belajar bab selanjutnya
3) Berkeinginan
Keras untuk Belajar
4) Berani Mengambil Resiko
a) Resiko untuk sukses
b) Resiko untuk gagal
4.
Merumuskan setiap deskriptor menjadi butir-butir
instrument. Sebelum menuliskan butir-butir pernyataan angket minat studi lanjut, maka terlebih dahulu membuat kisi–kisi angket
tersebut. Adapun kisi-kisi angket adalah sebagai berikut:
a. Membuat
kisi – kisi instrumen
Tabel
Kisi-Kisi Instrumen
Motivasi Belajar untuk Siswa Kelas IX SMPN 8 Yogyakarta
Variabeel
|
Indikator
|
Deskriptor
|
Jumlah
|
No Item
|
|
F
|
UF
|
||||
Motivasi Belajar
|
Merasa tertarik untuk belajar
|
a.
Terdorong untuk belajar saat di kelas
b.
Tertarik dengan mata
pelajaran tertentu
c.
Rajin mencari informasi tentang pelajaran
tertentu
|
|||
Merasa senang belajar
|
a.
Perasaan yang timbul setelah memperhatikan guru
b.
Perasaan yang timbul saat kantuk
di kelas
|
||||
Berani mengambil resiko
|
a. Resiko untuk sukses
b. Resiko untuk gagal
|
||||
Jumlah
|
PETUNJUK
MENGERJAKAN
Bacalah setiap pernyataan di bawah ini dengan
seksama. Setiap pernyataan dilengkapi dengan empat pilihan jawaban: Sangat
Sesuai (SS), Sesuai (S), Tidak Sesuai (TS), dan Sangat Tidak Sesuai (STS).
SS :
berarti pernyataan sangat sesuai dengan keadaan anda
S :
berarti pernyataan sesuai dengan keadaan anda
TS :
berarti pernyataan tidak sesuai dengan keadaan anda
STS :
berarti pernyataan sangat tidak sesuai dengan keadaan anda
Berilah tanda cek (√) pada kolom sebelah kanan
pernyataan yang sesuai dengan keadaan pada diri anda.
Contoh:
NO
|
Pernyataan
|
SS
|
S
|
TS
|
STS
|
1.
|
Saya merasa lelah saat
pelajaran berlangsung
|
√
|
Bila hal tersebut sangat
sesuai dengan diri anda, maka berilah tanda cek (√) pada kolom SS seperti
contoh di atas.
NO
|
Pernyataan
|
SS
|
S
|
TS
|
STS
|
1.
|
Saya rajin ke sekolah terutama mata pelajaran yang saya sukai.
|
||||
2.
|
Saya ragu dengan kemampuan yang saya miliki dalam memahami penjelasan
guru
|
||||
3.
|
Saya senang mencari informasi yang berhubungan dengan pelajaran, karena
bisa memperkaya ilmu kita.
|
||||
4.
|
Saya merasa tidak mampu menyelesaikan setiap tugas mata pelajaran yang
diberikan
|
||||
5.
|
Saya suka mengunjungi perpustakaan sekolah untuk membaca buku pelajaran.
|
||||
6.
|
Saya kurang memperhatikan pelajaran yang saya tidak senangi
|
||||
7.
|
Saya hadir tepat waktu ketika belajar pada mata pelajaran yang saya
anggap gampang.
|
||||
8.
|
Saya malas bertanya kepada guru kalau ada pelajaran yang tidak saya
mengerti.
|
||||
9.
|
Bila menghadapi kesulitan dalam mempelajari mata pelajaran, saya berusaha
menemukan alternatif pemecahannya.
|
||||
10.
|
Saya lebih suka pergi ke kantin sekolah dibanding pergi ke perpustakaan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar