PENGEMBANGAN INSTRUMEN
EVALUASI KONSELING
A. Kisi-Kisi Instrumen Konseling
No
|
Kategori
|
Ketrampilan
|
Aspek yang Dievaluasi
|
1.
|
Konselor
|
Attending
|
1. Keterlibatan postur tubuh konselor terhadap konseli
2.
Gerak tubuh secara tepat
3. Kontak mata konselor terhadap konseli
4.
Lingkungan yang nyaman
|
Empati
|
Memahami pribadi orang lain sebaik dia memahami dirinya sendiri
|
||
Bertanya
|
1.
Pengunaan pertanyaan terbuka
2.
Pengunaan pertanyaan tertutup
|
||
Konfrontasi
|
Mengemukakan kembali dua
pesan atau lebih yang saling bertentangan yang disampaikan konseli.
|
||
Merangkum
|
Mengemukakan berbagai isi hatinya dan terkadang tidak fokus pada satu
persoalan tertentu.
|
||
Genuin
|
Ketidak jujuran atau menutup-nutupi
berbagai perasaan yang berkecamuk dalam diri konselor harus dihilangkan.
|
||
Pemecahan Masalah
|
1.
Mengeksplorasi masalah
2.
Memahami masalah
3.
Menentukan masalah
4.
Curah pendapat (brainstorming)
5.
Menilai berbagai alternatif
6. Menetapkan alternatif yang terbaik
7. Melaksanakan alternatif yang telah ditentukan/dipilih
|
||
2.
|
Konseli
|
-
|
1.
Perubahan tingkah laku
2. Perilaku konseli menjadi lebih baik
3.
Perilaku konseli sama saja
4. Perubahan Irrasional
menjadi rasional
|
3.
|
Proses
|
-
|
1. Segi
Konselor
2. Segi
Konseli
|
PETUNJUK MENGERJAKAN
Bacalah setiap
pernyataan di bawah ini dengan seksama. Setiap pernyataan dilengkapi dengan
empat pilihan jawaban: Sangat Sesuai (SS), Sesuai (S), Tidak Sesuai (TS), dan
Sangat Tidak Sesuai (STS).
SS : berarti pernyataan sangat sesuai dengan
keadaan anda
S
: berarti pernyataan sesuai dengan
keadaan anda
TS
: berarti pernyataan tidak sesuai
dengan keadaan anda
STS
: berarti pernyataan sangat tidak sesuai
dengan keadaan anda
Berilah tanda
cek (√) pada kolom sebelah kanan pernyataan yang sesuai dengan keadaan pada
diri anda.
Contoh:
No
|
Pernyataan
|
SS
|
S
|
TS
|
STS
|
1.
|
Konselor memberikan penyambutan dengan hangat
|
√
|
Bila hal tersebut sangat sesuai dengan diri anda, maka berilah tanda cek
(√) pada kolom SS seperti contoh di atas.
B.
Instrumen Evaluasi Konseling à Konselor
No.
|
Pernyataan
|
SS
|
S
|
TS
|
STS
|
1.
|
Konselor menerima kedatangan konseli dengan hangat
|
||||
2.
|
Konselor mengkomunikasikan tingkah laku attending
nonverbal yang efektif
|
||||
3.
|
Konselor memainkan pensil
|
||||
4.
|
Konselor merasa gugup dan gelisah
|
||||
5.
|
Konselor merespon secara empatik
perasaan-perasaan yang diungkapkan oleh konseli
|
||||
6.
|
Konselor menjaga komunikasi timbal balik dengan
konseli
|
||||
7.
|
Konselor memancing perilaku irassional konseli
|
||||
8.
|
Konselor menggali penyebab perilaku irrasional muncul
|
||||
9.
|
Konselor terlihat cuek
|
||||
10.
|
Konselor menuntun konseli untuk berfikir rasional
|
||||
11.
|
Konselor mengonfrontasi konseli di akhir sesi
|
||||
12.
|
Konselor tidak ramah dengan konseli
|
||||
13.
|
Konselor merangkum inti pembicaraan yang
disampaikan oleh konseli
|
||||
14.
|
Membantu konseli menemukan kesadaran baru tentang
masalah yang sedang dialami
|
||||
15.
|
Menumbuhkan kesadaran konseli untuk memandang masalah dari sudut
pandang yang berbeda
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar