Minggu, 29 Mei 2016

Pengembangan Kuisioner BK Prisos

PENGEMBANGAN KUESIONER BIMBINGAN DAN KONSELING PRISOS
Menurut Suharsimi Arikunto (2006:135) ada empat langkah dalam penyusunan instrumen penelitian, diantarannya
1.      Mengidentifikasikan Variabel yang Diteliti
Membukia diri adalah aktivitas mengemukakan bagaimana reaksi terhadap situasi yang dialami saat ini dan memberikan informasi yang relevan mengenai masa lalu sebagai usaha untuk memahami mengapa pada saat ini muncul reaksi tertentu.
2.      Mencari Indikator atau Sub Variable
Indikator dari membuka diri adalah:
a.    Merasa tertarik untuk sharing
b.    Merasa senang sharing
c.     Berani mengambil  resiko
3.      Menderetkan Deskriptor dari Setiap Indikator
a.       Minat Sharing
1)  Membuat pilihan aktivitas
a)  Sharing dengan teman sebaya
b)  Memilih diam saja
2)  Merasa tertarik untuk sharing
a)  Terdorong untuk sharing tentang masalah dengan teman
b)  Tertantang untuk memecahkan masalah dengan sharing
3)  Berkeinginan untuk sharing
4)  Berani mengambil resiko untuk dapat memecahkan masalah
a)     Resiko sharing dengan teman
b)    Resiko memendam perasaan
4.      Merumuskan setiap deskriptor menjadi butir-butir instrument. Sebelum menuliskan butir-butir pernyataan angket minat studi lanjut, maka terlebih dahulu membuat kisi–kisi angket tersebut. Adapun kisi-kisi angket adalah sebagai berikut:
a.       Membuat kisi – kisi instrument
Tabel Kisi-Kisi Instrument
 Membuka Diri untuk Siswa Kelas VII SMPN 8 YK

Variabeel
Indikator
Deskriptor
Jumlah
No Item
F
UF
Minat Sharing
Merasa tertarik untuk sharing
Terdorong untuk sharing dengan teman



Merasa senang sharing
a.     Perasaan yang timbul setelah sharing
b.     Perasaan yang timbul saat perasaan dipendam



Berani mengambil  resiko
a.    Resiko sharing dengan teman
b.    Resiko memendam perasaan



Jumlah





PETUNJUK MENGERJAKAN 
Bacalah setiap pernyataan di bawah ini dengan seksama. Setiap pernyataan dilengkapi dengan empat pilihan jawaban: Sangat Sesuai (SS), Sesuai (S), Tidak Sesuai (TS), dan Sangat Tidak Sesuai (STS). 
SS      : berarti pernyataan sangat sesuai dengan keadaan anda  
S        : berarti pernyataan sesuai dengan keadaan anda
TS     : berarti pernyataan tidak sesuai dengan keadaan anda 
STS   : berarti pernyataan sangat tidak sesuai dengan keadaan anda 
Berilah tanda cek (√) pada kolom sebelah kanan pernyataan yang sesuai dengan keadaan pada diri anda. 
Contoh:
NO
Pernyataan
SS
S
TS
STS
1.
Saya senang sharing dengan teman




Bila hal tersebut sangat sesuai dengan diri anda, maka berilah tanda cek (√) pada kolom SS seperti contoh di atas.

NO
Pernyataan
SS
S
TS
STS
1.
Saya senang berbagi cerita peribadi dengan teman




2.
Saya merasa puas setelah sharing




3.
Saya lebih senang menyimpan cerita




4.
Saya tidak suka mengumbar cerita




5.
Teman-teman sangat baik dengan saya




6.
Ketika ada pelajaran  yang saya kurang pahami, saya bertanya pada teman yang lebih mengerti




7.
Saya menghabiskan sebagian besar waktu belajar untuk bergosip dengan teman




8.
Saya mengisi waktu luang dengan cara menyendiri di perpustakaan




9.
Saya memiliki jadwal bermain yang tetap dengan teman




10.
Saya tidak memiliki teman sama sekali di kelas






Tidak ada komentar:

Posting Komentar