Kisi-Kisi Pengembangan Skala
Psikologis BK Karir
“Kemampuan Membuat
Keputusan
Studi Lanjut Siswa
Kelas IX”
Aspek
|
Indikator
|
Ruang Lingkup/Batasan
|
Item
|
Jumlah
|
|
F
|
UF
|
||||
Pengetahuan
|
Keyakinan diri
|
Kepercayaan
diri untuk membuat keputusan secara tepat serta optimis dalam melanjutkan
studi.
|
|
|
|
Keterlibatin diri
|
Kesadaran
untuk melibatkan diri pada aktivitas yang menunjang pilihan kelanjutan
studinya.
|
|
|
|
|
Keinginan diri
|
Dorongan diri
untuk mencari informasi yang dibutuhkan mengenai pilihan kelanjutan studi
yang telah ditetapkan.
|
|
|
|
|
Sikap
|
Pembuatan
keputusan secara mandiri
|
Kesadaran diri
untuk membuat keputusan karir secara mandiri.
|
|
|
|
Pemahaman
langkah-langkah kelanjutan studi.
|
Menyadari
langkah-langkah dalam pembuatan keputusan pilihan karir.
|
|
|
|
|
Kesadaran diri
|
Memahami
potensi, kekurangan dan kelebihan yang ada dalam diri
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
Pengembangan Skala Psikologis BK Karir
“Kemampuan Membuat Keputusan
Studi Lanjut Siswa
Kelas IX”
A.
Pengantar
Skala kemampuan pembuatan keputusan kelanjutan studi ini digunakan untuk mengetahui tingkat kemampuan pembuatan keputusan pada siswa kelas IX di SMP Negeri 8
Yogyakarta. Skala ini tidak akan
menilai benar atau salah atas jawaban yang akan anda
pilih. Dengan mengisi
skala ini, siswa
dapat mengetahui tingkat
kemampuan pembuatan keputusan kelanjutan studi.
B.
Petunjuk Pengisian
1.
Bacalah petunjuk pengisian sebelum mengisi
pernyataan-pernyataan yang tersedia dibawah.
2.
Setiap
pernyataan pilihlah salah satu jawaban yang paling sesuai dengan keadaan anda,
lalu berilah tanda “check” (√) pada kotak yang tersedia.
3.
Setiap pernyataan
dalam skala ini
dilengkapi dengan empat
pilihan jawaban, yaitu:
SS : Sangat Sesuai
S : Sesuai
KS : Kurang Sesuai
TS : Tidak Sesuai
No
|
Pernyataan
|
SS
|
S
|
KS
|
TS
|
1.
|
Saya merasa malu jika setelah lulus SMP tidak
bisa melanjutkan studi kejenjang yang lebih tinggi.
|
|
|
|
|
2.
|
Lingkungan tempat tinggal saya berpengaruh
penting dalam pemilihan studi lanjut.
|
|
|
|
|
3.
|
Menurut saya, semua orang mempunyai kesempatan
yang sama untuk sekolah dan bekerja sesuai dengan keinginannya.
|
|
|
|
|
4.
|
Saya
mengerti keinginan keluarga dalam menentukan masa depan saya.
|
|
|
|
|
5.
|
Saya paham jenis-jenis sekolah lanjutan setelah
SMP.
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar