PENGEMBANGAN PEDOMAN OBSERVASI BK
PRIBADI SOSIAL
“Membuka Diri untuk Siswa
Kelas VII SMP N 8 Yogyakarta”
A. Pengantar
Observasi merupakan salah
satu teknik pengumpulan data/fakta yang cukup
efektif untuk mempelajari suatu sistem.
Pelaksanaan observasi ini bertujuan untuk menggambarkan segala
sesuatu yang berhubungan dengan objek penelitian, mengambil kesimpulan yang
disusun menjadi sebuah laporan yang relevan dan dapat bermanfaat sebagai sebuah
bahan pembelajaran atau studi. Penyusunan pedoman observasi didahului dengan penyusunan kisi-kisi terlebih dahulu.
B.
Tabel Kisi-kisi
Pedoman Observasi “Membuka Diri”
No.
|
Aspek yang
Diamati
|
Bentuk Perilaku
|
1.
|
Topik
|
a.
Siswa
menceritakan tentang informasi pribadi .
b.
Siswa
menceritakan tentang kehidupan sosial dengan lingkungan.
c.
Siswa bersedia
menyampaikan hasil tulisannya
secara lisan.
|
2.
|
Isi
|
a.
Siswa menjawab
salam dari observer.
b.
Siswa
menyimak materi yang
disampaikan observer.
c.
Siswa bertanya
yang tidak dipahaminya ketika pelaksanaan treatmenketika kurang paham dengan materi yang disampaikan.
d.
Siswa menyimak
cerita yang disampaikan temannya.
e.
Siswa
menyampaikan pendapatnya.
|
3.
|
Durasi
|
Siswa menceritakan
dirinya dalam waktu 5 menit.
|
C.
Lembar Pedoman Observasi
Perilaku yang diamati:
1. Siswa menjawab
salam.
2. Siswa menyimak
materi yang disampaikan observer.
3. Siswa mengikuti
kegiatan dengan baik.
4. Siswa menyampaikan
informasi sosial tentang dirinya.
5. Siswa menyampaikan
informasi pribadi tentang dirinya.
6. Siswa bertanya
ketika tidak paham dengan yang disampaikan observer.
7. Siswa bersedia
menceritakan hasil tulisannya secara lisan.
8. Siswa menyimak
cerita yang disampaikan temannya .
9. Siswa menyampaikan pendapatnya.
10. Siswa bercerita selama kurang lebih 5 menit.
11. Perilaku lainnya.
D. Petunjuk Pengisian
1. Berilah tanda (√)
pada kolom untuk pelaksanaan aktivitas siswa sesuai aktivitas yang diamati.
2.
Tuliskan deskripsi kegiatan pembelajaran
sesuai dengan aktivitas yang diamati.
No.
|
Nama Siswa
|
Bentuk Perilaku
|
||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar