Minggu, 29 Mei 2016

Pengembangan Pedoman Observasi BK Prisos

PENGEMBANGAN PEDOMAN OBSERVASI BK PRIBADI SOSIAL
“Membuka Diri untuk Siswa Kelas VII SMP N 8 Yogyakarta”

A.  Pengantar
Observasi merupakan salah satu teknik pengumpulan data/fakta yang cukup efektif untuk mempelajari suatu sistem.
Pelaksanaan observasi ini bertujuan untuk menggambarkan segala sesuatu yang berhubungan dengan objek penelitian, mengambil kesimpulan yang disusun menjadi sebuah laporan yang relevan dan dapat bermanfaat sebagai sebuah bahan pembelajaran atau studi. Penyusunan pedoman observasi didahului dengan penyusunan kisi-kisi terlebih dahulu.

B.   Tabel Kisi-kisi Pedoman Observasi “Membuka Diri”
No.
Aspek yang Diamati
Bentuk Perilaku
1.
Topik
a.    Siswa menceritakan tentang informasi pribadi .
b.    Siswa menceritakan tentang kehidupan sosial dengan lingkungan.
c.     Siswa  bersedia  menyampaikan  hasil tulisannya secara lisan.
2.
Isi
a.     Siswa menjawab salam dari observer.
b.     Siswa menyimak  materi  yang  disampaikan observer.
c.      Siswa  bertanya  yang  tidak  dipahaminya ketika pelaksanaan treatmenketika kurang paham dengan materi yang disampaikan.
d.     Siswa  menyimak  cerita  yang  disampaikan temannya.
e.     Siswa menyampaikan pendapatnya.
3.
Durasi
Siswa menceritakan dirinya dalam waktu 5 menit.

C.    Lembar Pedoman Observasi 
Perilaku yang diamati:
1.      Siswa menjawab salam.
2.      Siswa menyimak materi yang disampaikan observer.
3.      Siswa mengikuti kegiatan dengan baik.
4.      Siswa menyampaikan informasi sosial tentang dirinya.
5.      Siswa menyampaikan informasi pribadi tentang dirinya.
6.      Siswa bertanya ketika tidak paham dengan yang disampaikan observer.
7.      Siswa bersedia menceritakan hasil tulisannya secara lisan.
8.      Siswa menyimak cerita yang disampaikan temannya .
9.      Siswa menyampaikan pendapatnya.
10.  Siswa bercerita selama kurang lebih 5 menit.
11.  Perilaku lainnya.

D.    Petunjuk Pengisian
1.      Berilah tanda (√) pada kolom untuk pelaksanaan aktivitas siswa sesuai aktivitas yang diamati.
2.      Tuliskan deskripsi kegiatan pembelajaran sesuai dengan aktivitas yang diamati.

No.
Nama Siswa
Bentuk Perilaku
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
1.












2.












3.












4.












5.














Tidak ada komentar:

Posting Komentar