Minggu, 29 Mei 2016

Pengembangan Pedoman Observasi BK Belajar

PENGEMBANGAN PEDOMAN OBSERVASI BK BELAJAR
“Tips Mengurangi Rasa Kantuk untuk Siswa Kelas IX SMPN 8 Yogyakarta”

A.  Pengantar
Observasi merupakan salah satu teknik pengumpulan data/fakta yang cukup efektif untuk mempelajari suatu sistem.
Pelaksanaan observasi ini bertujuan untuk menggambarkan segala sesuatu yang berhubungan dengan objek penelitian, mengambil kesimpulan yang disusun menjadi sebuah laporan yang relevan dan dapat bermanfaat sebagai sebuah bahan pembelajaran atau studi. Penyusunan pedoman observasi didahului dengan penyusunan kisi-kisi terlebih dahulu.

B.   Tabel Kisi-kisi Pedoman Observasi
No
Aspek yang Diamati
Bentuk Perilaku
1.
Topik
a.    Observer memberikan pemahaman mengenai Tips Mengurangi rasa Kantuk.
b.    Siswa menceritakan tentang masalah dalam saat mengikuti KBM.
c.     Siswa  bersedia  menyampaikan  hasil gagasannya secara lisan.
2.
Isi
a.     Siswa menjawab salam dari observer.
b.     Siswa menyimak  materi  yang  disampaikan observer.
c.      Siswa  bertanya  ketika tidak  paham dengan materi.
d.     Siswa  menyimak  dengan baik.
e.     Siswa menyampaikan pendapatnya.
3.
Durasi
Siswa menceritakan tentang hambatan dan usahannya saat mengikuti KBM.

C.    Lembar Pedoman Observasi 
Perilaku yang diamati:
1.      Siswa menjawab salam.
2.      Siswa menyimak materi yang disampaikan observer.
3.      Siswa mengikuti kegiatan dengan baik.
4.      Siswa menyampaikan gagasannya.
5.      Siswa bertanya ketika tidak paham dengan yang disampaikan observer.
6.      Siswa antusias saat proses berlangsung.
7.      Siswa mengantuk saat observer menyampaikan materi.
8.      Siswa bermain handphone.
9.      Siswa meras bosan.
10.  Siswa tertidur.
11.  Perilaku lainnya.

D.    Petunjuk Pengisian
1.      Berilah tanda (√) pada kolom untuk pelaksanaan aktivitas siswa sesuai aktivitas yang diamati.
2.      Tuliskan deskripsi kegiatan pembelajaran sesuai dengan aktivitas yang diamati.

No.
Nama Siswa
Bentuk Perilaku
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
1.












2.












3.












4.












5.














Tidak ada komentar:

Posting Komentar