PENGEMBANGAN PEDOMAN OBSERVASI BK BELAJAR
“Tips Mengurangi Rasa
Kantuk untuk Siswa Kelas IX SMPN 8 Yogyakarta”
A. Pengantar
Observasi merupakan salah
satu teknik pengumpulan data/fakta yang cukup
efektif untuk mempelajari suatu sistem.
Pelaksanaan observasi ini bertujuan untuk menggambarkan segala
sesuatu yang berhubungan dengan objek penelitian, mengambil kesimpulan yang
disusun menjadi sebuah laporan yang relevan dan dapat bermanfaat sebagai sebuah
bahan pembelajaran atau studi. Penyusunan pedoman observasi didahului dengan penyusunan kisi-kisi terlebih dahulu.
B.
Tabel Kisi-kisi
Pedoman Observasi
No
|
Aspek yang
Diamati
|
Bentuk Perilaku
|
1.
|
Topik
|
a.
Observer
memberikan pemahaman mengenai Tips Mengurangi rasa Kantuk.
b.
Siswa
menceritakan tentang masalah dalam saat mengikuti KBM.
c.
Siswa bersedia
menyampaikan hasil gagasannya
secara lisan.
|
2.
|
Isi
|
a.
Siswa menjawab
salam dari observer.
b.
Siswa
menyimak materi yang
disampaikan observer.
c.
Siswa bertanya
ketika tidak paham dengan materi.
d.
Siswa menyimak
dengan baik.
e.
Siswa
menyampaikan pendapatnya.
|
3.
|
Durasi
|
Siswa menceritakan
tentang hambatan dan usahannya saat mengikuti KBM.
|
C.
Lembar Pedoman
Observasi
Perilaku yang diamati:
1. Siswa menjawab
salam.
2. Siswa menyimak
materi yang disampaikan observer.
3. Siswa mengikuti
kegiatan dengan baik.
4. Siswa menyampaikan
gagasannya.
5. Siswa bertanya
ketika tidak paham dengan yang disampaikan observer.
6. Siswa antusias saat proses berlangsung.
7. Siswa mengantuk saat observer menyampaikan materi.
8. Siswa bermain handphone.
9. Siswa meras bosan.
10. Siswa tertidur.
11. Perilaku lainnya.
D. Petunjuk Pengisian
1. Berilah tanda (√)
pada kolom untuk pelaksanaan aktivitas siswa sesuai aktivitas yang diamati.
2.
Tuliskan deskripsi kegiatan pembelajaran
sesuai dengan aktivitas yang diamati.
No.
|
Nama Siswa
|
Bentuk Perilaku
|
||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
||
1.
|
||||||||||||
2.
|
||||||||||||
3.
|
||||||||||||
4.
|
||||||||||||
5.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar