PETUNJUK MENGERJAKAN
Bacalah
setiap pernyataan di bawah ini dengan seksama. Setiap pernyataan dilengkapi
dengan empat pilihan jawaban: Sangat Sesuai (SS), Sesuai (S), Tidak Sesuai
(TS), dan Sangat Tidak Sesuai (STS).
SS :
berarti pernyataan sangat sesuai dengan keadaan anda
S :
berarti pernyataan sesuai dengan keadaan anda
TS :
berarti pernyataan tidak sesuai dengan keadaan anda
STS :
berarti pernyataan sangat tidak sesuai dengan keadaan anda
Berilah
tanda cek (√) pada kolom sebelah kanan pernyataan yang sesuai dengan keadaan
pada diri anda.
Contoh:
No
|
Pernyataan
|
SS
|
S
|
TS
|
STS
|
1.
|
Siswa perlu diberikan informasi
mengenai bidang bimbingan belajar
|
√
|
|
|
|
Bila hal tersebut sangat sesuai dengan diri anda, maka berilah tanda cek
(√) pada kolom SS seperti contoh di atas.
Instrumen Evaluasi Bimbingan dan Konseling
No
|
Pernyataan
|
SS
|
S
|
TS
|
STS
|
1.
|
Siswa perlu diberikan informasi mengenai bidang bimbingan pribadi
|
|
|
|
|
2.
|
Siswa perlu diberikan informasi mengenai bidang bimbingan belajar
|
|
|
|
|
3.
|
Siswa perlu mendapatkan bimbingan dan informasi tentang pimilihan
jurusan di dalam
|
|
|
|
|
4.
|
Perlu informasi waktu kegiatan dan sasaran kegiatan.
|
|
|
|
|
5.
|
Perlu memberikan konseling individual pada siswa dalam rangka membantu
menyelesaikan permasalahan yang dialami
|
|
|
|
|
6.
|
Layanan informasi tentang cara belajar efektif perlu diberikan kepada
siswa
|
|
|
|
|
7.
|
Perlu mengumpulkan data-data yang terkait dengan siswa bakat, minat,
intelegensi
|
|
|
|
|
8.
|
Informasi tentang kelanjutan studi dan lapangan pekerjaan perlu
diberikan kepada siswa
|
|
|
|
|
9.
|
Diperlukan sosiometri untuk mengetahui hubungan siswa di dalam kelas
|
|
|
|
|
10.
|
Informasi tentang tata tertib sekolah perlu diberikan kepada siswa
|
|
|
|
|
11.
|
Siswa perlu diberikan informasi tentang kejadian-kejadian sosial di
masyarakat yang aktual
|
|
|
|
|
12.
|
Perlu melaksanakan konfrensi kasus terhadap masalah yang sulit
dipecahkan
|
|
|
|
|
13.
|
Perlu membagikan angket kepada guru Mata pelajaran untuk
mengetahui perilaku siswa dalam kelas
|
|
|
|
|
14.
|
Masalah yang dialami siswa perlu diidentifikasi secara serius
dan teliti
|
|
|
|
|
15.
|
sekolah Informasi tentang pergaulan bebas perlu diberikan kepada siswa
|
|
|
|
|
EVALUASI PROGRAM BK MODEL CIPP
Jenis Bimbingan :
Bimbingan Klasikal
Jenis Layanan :
Bimbingan dan Konseling Karir
Tema Bimbingan : TTS Profesi dan
Pekerjaan
Kelas : IX
Sekolah : SMP
Negeri 8 Yogyakarta
Context Evaluation
(Evaluasi Konteks)
|
Tujuan à untuk mengetahui kekutan dan kelemahan yang
dimilki evaluan. Kebutuhan apa saja yang belum terpenuhi oleh program.
a.
Tujuan pengembngan apakah yang belum tercapai oleh program, misalnya
peningkatan pengetahuan siswa kelas IX tentang profesi dan pekerjaan.
b.
Tujuan pengembangan apakah yang dapat membantu megembangkan siswa,
misalnya kesadaran guru BK untuk memberikan materi bimbingan karir.
c.
Tujuan-tujuan manakah yang paling mudah dicapai, misalnya pengertian profesi dan
pekerjaan dan cara guru BK menyampaikan.
d.
Kebutuhan-kebutuhan yang belum terpenuhi di
bimbingan klasikal.
|
Input Evaluation
(Evaluasi Masukan)
|
Evaluasi masukan à membantu mengatur keputusan, menentukan
sumber-sumber yang ada, alternative apa yang diambil, apa rencana dan
strategi untuk mencapai tujuan, dan bagaimana prosedur kerja untuk
mencapainya.
a.
Apakah materi profesi dan pekerjaan yang diberikan kepada siswa berdampak jelas pada pemahaman siswa? Misalnya setelah guru BK memberikan materi maka
siswa dapat membedakan antara profesi dan pekerjaan dan dapat menentukan
karir kedepannya dengan matang.
b.
Bagaimana reaksi siswa terhadap materi yang diberikan oleh guru BK? Misalnya
siswa antusias dengan meteri yang diberikan guru BK dengan metode TTS.
c.
Berapa jumlah siswa yang antusias dengan materi profesi dan pekerjaan? Misalnya dari 32 siswa yang antusia terhadap
materi ada 29 siswa dan 3 siswa kurang antusias dan sibuk bermain handphone.
|
Process Evaluation
(Evaluasi Proses)
|
a.
Apakah pelaksanaan program sesuai dengan tujuan? Misalnya pemberian
bimbingan dan konseling karir mengarahkan siswa agar mampu membedakan antara
profesi dan pekerjaan yang selanjutnya siswa dapat menentukan pilihan karir
kedepannya (mempunyai gambaran).
b.
Apakah guru BK didalam
pelaksanaan program akan sanggung menangani kegiatan selama program
berlangsung?
-
Guru BK membuka kelas dan memberikan ice breaking, kemudian memberikan
pengantar tentang materi BK Karir.
-
Guru BK mendampingi siswa selama kegiatan
bimbingan.
-
Guru BK menjawab pertanyaan yang diajukan oleh
siswa yang bertanya.
c.
Guru BK memanfaatkan sarana dan prasarana yang
ada di dalam kelas, seperti LCD, laptop dan lembar kerja.
d.
Hambatan-hambatan yang dijumpai selama pelaksanaan program dan
kemungkinan jika program dilanjutkan, misalnya:
-
siswa kurang antusias saat guru BK menjelaskan materi,
-
guru BK kurang kretif dalam menyampaikan materi, dll.
|
Product Evaluation
(Evaluasi Produk/Hasil)
|
a.
Memberi
pemahaman kepada tentang profesi dan pekerjaan melalui media TTS.
b. Membantu siswa kelas IX untuk dapat mulai memikirkan cita-citanya.
c. Siswa antusias terhadap materi layanan yang
di berikan dan mampu memahami perbedaan antara profesi dan pekerjaan dengan
media TTS.
d. Siswa secara
aktif bertanya dan menanggapi apa yang sudah dipaparkan oleh guru BK.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar