Minggu, 29 Mei 2016

Pengembangan Instrumen Evaluasi BK

PETUNJUK MENGERJAKAN 
Bacalah setiap pernyataan di bawah ini dengan seksama. Setiap pernyataan dilengkapi dengan empat pilihan jawaban: Sangat Sesuai (SS), Sesuai (S), Tidak Sesuai (TS), dan Sangat Tidak Sesuai (STS). 

SS      : berarti pernyataan sangat sesuai dengan keadaan anda 
S        : berarti pernyataan sesuai dengan keadaan anda
TS     : berarti pernyataan tidak sesuai dengan keadaan anda 
STS   : berarti pernyataan sangat tidak sesuai dengan keadaan anda 
Berilah tanda cek (√) pada kolom sebelah kanan pernyataan yang sesuai dengan keadaan pada diri anda. 
Contoh:
No
Pernyataan
SS
S
TS
STS
1.
Siswa perlu diberikan informasi mengenai bidang bimbingan belajar




Bila hal tersebut sangat sesuai dengan diri anda, maka berilah tanda cek (√) pada kolom SS seperti contoh di atas.

Instrumen Evaluasi Bimbingan dan Konseling
No
Pernyataan
SS
S
TS
STS
1.
Siswa perlu diberikan informasi mengenai bidang bimbingan pribadi




2.
Siswa perlu diberikan informasi mengenai bidang bimbingan belajar




3.
Siswa perlu mendapatkan bimbingan dan informasi tentang pimilihan jurusan di dalam




4.
Perlu informasi waktu kegiatan dan sasaran kegiatan.




5.
Perlu memberikan konseling individual pada siswa dalam rangka membantu menyelesaikan permasalahan yang dialami




6.
Layanan informasi tentang cara belajar efektif perlu diberikan kepada siswa




7.
Perlu mengumpulkan data-data yang terkait dengan siswa bakat, minat, intelegensi




8.
Informasi tentang kelanjutan studi dan lapangan pekerjaan perlu diberikan kepada siswa




9.
Diperlukan sosiometri untuk mengetahui hubungan siswa di dalam kelas




10.
Informasi tentang tata tertib sekolah perlu diberikan kepada siswa




11.
Siswa perlu diberikan informasi tentang kejadian-kejadian sosial di masyarakat yang aktual




12.
Perlu melaksanakan konfrensi kasus terhadap masalah yang sulit dipecahkan




13.
Perlu membagikan angket kepada guru Mata  pelajaran untuk mengetahui perilaku siswa dalam kelas




14.
Masalah  yang dialami siswa perlu diidentifikasi secara serius dan teliti




15.
sekolah Informasi tentang pergaulan bebas perlu diberikan kepada siswa






EVALUASI PROGRAM BK MODEL CIPP

Jenis Bimbingan        : Bimbingan  Klasikal
Jenis Layanan             : Bimbingan dan Konseling Karir
Tema Bimbingan       : TTS Profesi dan Pekerjaan
Kelas                             : IX
Sekolah                        : SMP Negeri 8 Yogyakarta

Context Evaluation
(Evaluasi Konteks)
Tujuan à untuk mengetahui kekutan dan kelemahan yang dimilki evaluan. Kebutuhan apa saja yang belum terpenuhi oleh program.

a.    Tujuan pengembngan apakah yang belum tercapai oleh program, misalnya peningkatan pengetahuan siswa kelas IX tentang profesi dan pekerjaan.
b.    Tujuan pengembangan apakah yang dapat membantu megembangkan siswa, misalnya kesadaran guru BK untuk memberikan materi bimbingan karir.
c.     Tujuan-tujuan manakah yang paling mudah dicapai, misalnya pengertian profesi dan pekerjaan dan cara guru BK menyampaikan.
d.    Kebutuhan-kebutuhan yang belum terpenuhi di bimbingan klasikal.

Input Evaluation
(Evaluasi Masukan)
Evaluasi masukan à membantu mengatur keputusan, menentukan sumber-sumber yang ada, alternative apa yang diambil, apa rencana dan strategi untuk mencapai tujuan, dan bagaimana prosedur kerja untuk mencapainya.

a.    Apakah materi profesi dan pekerjaan yang diberikan kepada siswa berdampak jelas pada pemahaman siswa? Misalnya setelah guru BK memberikan materi maka siswa dapat membedakan antara profesi dan pekerjaan dan dapat menentukan karir kedepannya dengan matang.
b.    Bagaimana reaksi siswa terhadap materi yang diberikan oleh guru BK? Misalnya siswa antusias dengan meteri yang diberikan guru BK dengan metode TTS.
c.     Berapa jumlah siswa yang antusias dengan materi profesi dan pekerjaan? Misalnya dari 32 siswa yang antusia terhadap materi ada 29 siswa dan 3 siswa kurang antusias dan sibuk bermain handphone.
Process Evaluation
(Evaluasi Proses)
a.    Apakah pelaksanaan program sesuai dengan tujuan? Misalnya pemberian bimbingan dan konseling karir mengarahkan siswa agar mampu membedakan antara profesi dan pekerjaan yang selanjutnya siswa dapat menentukan pilihan karir kedepannya (mempunyai gambaran).
b.    Apakah guru BK didalam pelaksanaan program akan sanggung menangani kegiatan selama program berlangsung?
-          Guru BK membuka kelas dan memberikan ice breaking, kemudian memberikan pengantar tentang materi BK Karir.
-          Guru BK mendampingi siswa selama kegiatan bimbingan.
-          Guru BK menjawab pertanyaan yang diajukan oleh siswa yang bertanya.
c.     Guru BK memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada di dalam kelas, seperti LCD, laptop dan lembar kerja.
d.    Hambatan-hambatan yang dijumpai selama pelaksanaan program dan kemungkinan jika program dilanjutkan, misalnya:
-          siswa kurang antusias saat guru BK menjelaskan materi,
-          guru BK kurang kretif dalam menyampaikan materi, dll.
Product Evaluation
(Evaluasi Produk/Hasil)
a.       Memberi pemahaman kepada tentang profesi dan pekerjaan melalui media TTS.
b.      Membantu siswa kelas IX untuk dapat mulai memikirkan cita-citanya.
c.        Siswa antusias terhadap materi layanan yang di berikan dan mampu memahami perbedaan antara profesi dan pekerjaan dengan media TTS.
d.      Siswa secara aktif bertanya dan menanggapi apa yang sudah dipaparkan oleh guru BK.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar