Minggu, 29 Mei 2016

Pengembangan Pedoman Observasi BK Karir

PENGEMBANGAN PEDOMAN OBSERVASI BK KARIR
“Cita-Citaku” Siswa Kelas IX SMP N 8 Yogyakarta

A.  Pengantar
Observasi merupakan salah satu teknik pengumpulan data/fakta yang cukup efektif untuk mempelajari suatu sistem.
Pelaksanaan observasi ini bertujuan untuk menggambarkan segala sesuatu yang berhubungan dengan objek penelitian, mengambil kesimpulan yang disusun menjadi sebuah laporan yang relevan dan dapat bermanfaat sebagai sebuah bahan pembelajaran atau studi. Penyusunan pedoman observasi didahului dengan penyusunan kisi-kisi terlebih dahulu.

B.   Tabel Kisi-kisi Pedoman Observasi
No.
Aspek yang Diamati
Bentuk Perilaku
1.
Topik
a.    Siswa menceritakan tentang cita-citanya.
b.    Siswa menceritakan kendala apa saja yang dialami untuk mencapai cita-citanya.
c.     Siswa meceritakan usaha apa saja yang harus dilakukan untuk meraih cita-citanya.
d.    Siswa  bersedia  menyampaikan  hasil tulisannya secara lisan.
2.
Isi
a.     Siswa menjawab salam dari observer.
b.     Siswa menyimak  materi  yang  disampaikan observer.
c.      Siswa  bertanya  yang  tidak  dipahaminya ketika pelaksanaan treatmenketika kurang paham dengan materi yang disampaikan.
d.     Siswa  menyimak  cerita  yang  disampaikan temannya.
e.     Siswa menyampaikan pendapatnya.
3.
Durasi
Siswa menceritakan tentang cita-citanya selama kurang lebih 5 menit.
           
C.    Lembar Pedoman Observasi 
Perilaku yang diamati:
1.      Siswa menjawab salam.
2.      Siswa mengikuti kegiatan dengan baik.
3.      Siswa menceritakan kendala yang dialami untuk mencapai cita-citanya.
4.      Siswa meceritakan usaha yang harus dilakukan untuk meraih cita-citanya.
5.      Siswa  bersedia  menyampaikan  hasil tulisannya.
6.      Siswa bertanya ketika tidak paham dengan yang disampaikan observer.
7.      Siswa bersedia menceritakan hasil tulisannya secara lisan.
8.      Siswa menyimak cerita yang disampaikan temannya .
9.      Siswa menyampaikan pendapatnya.
10.  Lain-lain

D.    Petunjuk Pengisian
1.      Berilah tanda (√) pada kolom untuk pelaksanaan aktivitas siswa sesuai aktivitas yang diamati.
2.      Tuliskan deskripsi kegiatan pembelajaran sesuai dengan aktivitas yang diamati.
No.
Nama Siswa
Bentuk Perilaku
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
1.











2.











3.













Tidak ada komentar:

Posting Komentar