PENGEMBANGAN PEDOMAN OBSERVASI BK KARIR
“Cita-Citaku” Siswa Kelas
IX SMP N 8 Yogyakarta
A. Pengantar
Observasi merupakan salah
satu teknik pengumpulan data/fakta yang cukup
efektif untuk mempelajari suatu sistem.
Pelaksanaan observasi ini bertujuan untuk menggambarkan segala
sesuatu yang berhubungan dengan objek penelitian, mengambil kesimpulan yang
disusun menjadi sebuah laporan yang relevan dan dapat bermanfaat sebagai sebuah
bahan pembelajaran atau studi. Penyusunan pedoman observasi didahului dengan penyusunan kisi-kisi terlebih dahulu.
B.
Tabel Kisi-kisi
Pedoman Observasi
No.
|
Aspek yang Diamati
|
Bentuk Perilaku
|
1.
|
Topik
|
a.
Siswa
menceritakan tentang cita-citanya.
b.
Siswa
menceritakan kendala apa saja yang dialami
untuk mencapai cita-citanya.
c.
Siswa
meceritakan usaha apa saja yang harus dilakukan untuk meraih cita-citanya.
d.
Siswa bersedia
menyampaikan hasil tulisannya
secara lisan.
|
2.
|
Isi
|
a.
Siswa menjawab
salam dari observer.
b.
Siswa
menyimak materi yang
disampaikan observer.
c.
Siswa bertanya
yang tidak dipahaminya ketika pelaksanaan treatmenketika kurang paham dengan materi yang disampaikan.
d.
Siswa menyimak
cerita yang disampaikan temannya.
e.
Siswa
menyampaikan pendapatnya.
|
3.
|
Durasi
|
Siswa menceritakan tentang cita-citanya
selama kurang lebih 5 menit.
|
C.
Lembar Pedoman
Observasi
Perilaku yang diamati:
1. Siswa menjawab
salam.
2.
Siswa mengikuti kegiatan dengan baik.
3.
Siswa menceritakan kendala yang dialami untuk mencapai cita-citanya.
4.
Siswa meceritakan usaha
yang harus dilakukan untuk meraih cita-citanya.
5. Siswa bersedia menyampaikan
hasil tulisannya.
6. Siswa bertanya
ketika tidak paham dengan yang disampaikan observer.
7. Siswa bersedia
menceritakan hasil tulisannya secara lisan.
8. Siswa menyimak
cerita yang disampaikan temannya .
9. Siswa menyampaikan pendapatnya.
10. Lain-lain
D. Petunjuk Pengisian
1. Berilah tanda (√)
pada kolom untuk pelaksanaan aktivitas siswa sesuai aktivitas yang diamati.
2.
Tuliskan deskripsi kegiatan pembelajaran
sesuai dengan aktivitas yang diamati.
No.
|
Nama Siswa
|
Bentuk Perilaku
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar